Oleh-Oleh Makanan Khas Yogyakarta Yang Harus Dibeli

sewa elf jogja

Sewa elf jogja – Selain kaya akan objek wisata alam dan budaya Jogya juga kaya akan kulinernya. Beragam kuliner bisa dicoba saat sedang tour murah di Jogja. Makanan-makanan tersebut juga bisa menjadi oleh-oleh bagi mereka yang ada di rumah. Banyak makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Jogja. Berikut oleh-oleh khas Jogja yang bisa dibawa pulang saat liburan di Yogyakarta dari kami:

1.       BAKPIA

Semua orang pasti mengenal makanan ini. Bakpia sudah identik dengan Jogja, bahkan bakpia diklaim berasal dari Jogja. Makanan ini sebenarnya adalah kue yang bahan dasarnya adalah tepung terigu yang kemudian berisikan kacang hijau dan dimasak dengan cara dipanggang. Sekarang bakpia telah diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan berbagai macam varian. Varian rasa dihadirkan guna menarik perhatian para pembeli. Banyak rasa yang bisa dicicipi antara lain rasa durian, coklat, keju, kumbu hitam dan varian rasa lainnya. Bakpia adalah oleh-oleh yang disukai para wisatawan saat berlibur ke Yogya. Bakpia bisa dijumpai di banyak tempat di Jogja seperti di toko-toko oleh-oleh, stasiun, terminal,  bahkan di pasar-pasar tradisional namunpusat dari bakpia ini adalah di Pathok.

2.       GEPLAK

Geplak adalah kuliner asli Jogja yang terkenal dengan rasa manisnya. Geplak merupakan makanan dari Bantul. Makanan ini rasanya sangat manis dan terbuat dari parutan kelapa muda dan dicampur dengan gula setelah tercampur kemudian disangrai sehingga menghasilkan makanan yang berupa Geplak. Bentuknya umumnya bulat-bulat ada juga lonjong yang tidak beraturan. Makanan ini awet dan tahan lama tanpa mengunakan bahan pengawet karena waktu memasak yang lama. Saat ini, geplak dimodifikasi sehingga menghasilkan berbagai varian rasa dan warna cerah. Bagi mereka yang menyukai cemilan manis, geplak bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

3.       KIPO

Kipo adalah makanan khas Kotagede yang terbuat dari beras ketan dan berisikan enten-enten atau parutan kelapa dan kemudian dicampur dengan gula Jawa. Makanan dengan bentuknya yag unik yaitu bulat lonjong kecil-kecil dan penyajiannya ditaruh di atas daun pisang. Rasa kipo adalah manis, gurih dan lezat. Warnanya kehijauan berasal dari daun pandan bukan dari pewarna. Kipo menjadi makanan unik yang harus dicoba bagi mereka yang menyukai kuliner Nusantara. Harganya juga sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp 1.500,- untuk satu kemasan yang berisi 5 kipo. 

4.       YANGKO

Seperti Kipo, Yangko juga berasal dari Kotagede, Yogyakarta. Kipo bisa dianggap sebagai kue mocinya Jogja. Yangko mirip dengan kue moci dan makanan ini terbuat dari tepung beras ketan. Makanan ini memiliki tekstur yang kenyal dan berisikan kacang yang rasanya manis legit seperti kue moci. Yangko berbentuk kotak dan warna-warni cerah serta taburan tepung. Rasa yangko yang tradisonal adalah rasa kacang dan yang beraroma baru antara lain nangka, durian, strawberry, pandan, cokelat dan anggur.  Wisatawan bisa menemukan yangko dengan mudah di segala penjuru kota, khususnya di toko oleh-oleh khas Jogja.

5.       GUDEG

Gudeg merupakan kuliner identik berikutnya dari Jogja. Banyak wisatawan yang menyisihkan waktu mereka saat liburan di Jogja merasakan kuliner satu ini. Bahan Makanan ini berasal dari nangka muda yang dimasak dengan santan kelapa, lengkuas, daun jati, salam, dan bumbu-bumbu lainnya. Kemudian semuanya direbus di atas tungku sekitar selama 24 jam. Gudeg Jogja yang komplit disajikan dengan tahu, telur bebek, tempe, suwiran daging ayam, dan tentu saja nasi. Gudeg terbagi menjadi dua jeni yaitu gudeg basah dan gudeg kering. Untuk oleh-oleh lebih cocok membawa yang gudeg kering. Tempat gudeg yang terkenal adalah di kawasan Wijilan, disana banyak warung gudeg dengan berbagai rasa.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *